Wisata ke pesisir pantai sambil menikmati sejuknya hutan mangrove, belakangan lagi hits banget di kalangan wisatawan lho guys. Karena biasanya di hutan mangrove, selain cuma menikmati suasana alam yang alami, kita juga bisa ikut konservasi lingkungan dengan menanam bibit mangrove.

Nah, di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, ada lokasi wisata hutan mangrove yang lagi ramai sekali dikunjungi warga pada akhir pekan, yaitu, Hutan Mangrove Tongke-tongke.

Hutan Mangrove Tongke – tongke berjarak sekitar 8 km dari pusat kota Sinjai, dengan waktu tempuh sekitar 18 menit saja dengan kendaraan bermotor. Menuju ke lokasi ini nggak perlu takut jalan rusak guys, karena jalanannya mulus sampai ke pesisir, asyiknya lagi kita juga melewati perkampungan nelayan dengan jejeran berbagai jenis perahu bersandar di pelabuhan. Nah, disini kamu bisa jeprat-jepret mengabadikan suasana kampung nelayan yang masih tradisional .

Untuk menikmati keindahan hutan mangrove Tongke – tongke, kamu cukup menbayar parkir saja, lalu dari area parkir kamu harus berjalan menyusuri jembatan kayu ulin yang membentuk lorong-lorong dan saling terhubung satu sama lain.

Kawasan hutan mangrove Tongke – tongke ini memiliki luas sekitar 173,5 hektar dan dijadikan sebagai pusat restorasi dan pembelajaran mangrove. Kamu bisa melihat langsung bagaimana tanaman mangrove ini dilindungi dan dilestarikan demi menjaga ekosistem pesisir laut.

Kalau sudah mulai lapar, jangan khawatir guys, karena disini tersedia kafe – kafe terapung yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Kamu bisa menikmati hidangan sambil menyaksikan panorama air laut yang membiru dihiasi dengan gugusan pulau 9 yang terpampang jelas di depan mata.

Kalau kamu belum puas juga sekedar jalan – jalan melihat pemandangan atau makan, kamu juga bisa menyewa jasa speed boat untuk menyusuri “terowongan” bakau sambil menambah pengetahuan tentang mangrove. Seru kan!