Abadikan Sejarah lewat Museum Desa

Masa lampau akan menjadi bekal masa kini, untuk menatap masa depan. Kalimat itu menjadi inspirasi, sekaligus penyemangat bagi Kades Pegadingan, Kecamatan Cipari, Cilacap, Gatot Susilo, dalam membangun museum desa.

Tahun Berdiri

Koleksi Buku

Pengunjung Tiap Bulannya

Ruang Belajar

‘’Ada keprihatinan kami, ketika dalam perkembangannya banyak anak-anak sekarang yang kurang mengenal alat-alat tempo dulu. Itu makanya, kami bangun museum desa, supaya bisa mengabadikan sejarah, sekaligus ruang belajar,’’ katanya, kemarin. Koleksi barang-barang kuno itu diperoleh dari sejumlah perangkat desa dan warga setempat. Arah pengembangannya memperkenalkan kepada generasi muda akan peralatan kuno yang dulu diandalkan masyarakat.

‘’Karena sejarah itu penting, sehingga jangan sampai dilupakan,’’ kata suami Tati Gatot Susilo yang dikaruniai 4 anak, yakni Sungging Priyandita Putra, Singgih Priyandita Putra, Sangga Priyandita Putra, dan Singgang Priyandita Putra. Kemudian dalam perkembangannya, keberadaan museum itu dipadukan dengan arsip desa. Perpaduan arsip desa dengan museum itu, tertuju pada koleksi sejarah Pegadingan tempo dulu. Satu di antaranya berupa peta desa yang dibuat zaman pra kemerdekaan.

Beberapa Buku Koleksi Museum

Buku Antik dan Kuno

Buku Tua

Cerita Rakyat

Phurna Bhakti

Terimakasih Telah Berkunjung ke

Website Desa Kami